Mencapai Financial Freedom di Usia Muda? Ini Caranya!

Pengen nggak sih, hidup lancar tanpa harus mikirin duit? Uang tunai di tangan banyak, tabungan melimpah, investasi lancar-lancar aja dan bebas dari utang. Siapa sih yang nggak pengen hidup kayak gitu? Nggak cuma orang kaya doang loh yang bisa mencapai financial freedom alias hidup nggak perlu mikirin duit. 

Apa Itu Financial Freedom?

Singkatnya, financial freedom adalah kondisi saat kamu hidup tanpa perlu mikirin duit. Hal ini bisa tercapai kalau pendapatan, tabungan dan investasi kamu cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, cicilan utang dan kredit, dana darurat dan dana pensiun. 

Ada banyak loh manfaat dari financial freedom ini. Pertama, kamu nggak perlu stres memikirkan harga kebutuhan sehari-hari yang membengkak atau cicilan utang yang susah dilunasi. Kedua, kamu bisa bebas pindah ke kerjaan yang lebih kamu sukai. Ketiga, kalau dirimu atau keluargamu sakit atau terkena musibah, nggak perlu mikir duit dari mana untuk membayar tagihan rumah sakit dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, mengusahakan financial freedom di usia muda itu penting. Apalagi mempersiapkan dana pensiun yang seringkali jumlahnya juga nggak sedikit. Nah, berikut ini tips cara mencapai financial freedom sejak muda:

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

1. Ketahui kondisi keuangan 

Tips pertama untuk mencapai financial freedom di usia muda adalah mengetahui kondisi keuanganmu sejak dini. Hal ini sesederhana tahu jumlah pendapatan, pengeluaran dan utang bulananmu berapa. Baru kemudian atur strategi untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan. 

Misalnya, gaji kamu saat ini adalah Rp3.000.000, dengan kebutuhan makan transportasi dan kos sebesar Rp1.500.000, tagihan kartu kredit Honest Rp300.000 dan cicilan motor sebesar Rp500.000. Dari sini, kamu tahu kalau ada Rp700.000 sisa yang bisa digunakan untuk keperluan lain sesuai dengan tujuan keuanganmu di cara kedua berikut ini. 

2. Tentukan tujuan keuangan

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangan yang berbeda. Ada orang yang bisa merasakan kebebasan finansial meskipun rumah masih ngontrak, tapi ada juga orang yang baru merasa tujuan keuangannya tercapai kalau sudah punya rumah sendiri. Oleh karena itu, kalau kamu ingin mencapai kebebasan finansial di usia muda, maka pastikan kamu mengerti apa tujuan keuanganmu sebenarnya. 

Mengetahui tujuan keuangan akan membuatmu jadi lebih fokus dalam mengatur keuangan bulanan. Misalnya, tujuan keuanganmu adalah hidup sehat tanpa biaya tanggungan rumah sakit, maka sisa uang Rp700.000 pada contoh di atas bisa kamu gunakan untuk membayar premi asuransi bulanan, dan dipakai sebagai dana darurat. 

3. Lunasi utang tepat waktu

Kalau kamu nggak ingin stres karena duit, maka wajib hukumnya melunasi utang tepat waktu. Sebab, utang dalam bentuk apapun itu ada bunganya yang mana, bunga ini akan semakin besar kalau kamu terus menunda pembayaran. 

Nggak cuma itu, jika kamu pengguna kartu kredit Honest, kamu juga bisa lebih hemat saat kamu melunasi tagihan. Kartu kredit Honest menyediakan program pengembalian 100% biaya admin jika tagihan dibayar lunas dan tepat waktu.

4. Kontrol pengeluaran dengan baik

Nggak cuma lunasi utang, kalau ingin bebas finansial di usia muda maupun tua, kamu juga harus bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Self-reward itu baik dan penting, tapi pastikan bisa dikontrol dengan baik. 

Hindari impulsive buying hanya karena alasan self reward, supaya uangmu bisa dipakai untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Lalu, selalu evaluasi pengeluaran secara rutin supaya kamu tahu pos-pos apa saja yang bisa dikurangi untuk berhemat. Kamu bisa pakai kartu kredit Honest untuk hal ini. Sebab, semua belanja dengan kartu kredit ini akan terekam di aplikasi Honest, sehingga kamu dapat mengevaluasi pengeluaran dengan lebih mudah dan cepat.

5. Kembangkan pendapatan pasif

Agar kamu bisa meraih kebebasan finansial dengan lebih cepat, kamu bisa mengembangkan pendapatan pasif (passive income). Dengan sumber ini, penghasilanmu tetap bisa bertambah walau kamu tidur atau sedang menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Pendapatan pasif itu dapatnya dari mana sih? Pendapatan pasif bisa diperoleh dari banyak sumber, seperti investasi di saham atau obligasi, investasi properti, seperti membuka rumah kos atau kontrakan atau membeli emas. Hasil dari pendapatan pasif ini bisa kamu investasikan kembali atau kamu ambil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

6. Konsisten dan disiplin

Ingin mencapai financial freedom di usia muda? Maka kamu harus disiplin dalam melakukan beberapa hal di atas. Manfaatkan berbagai produk bank, seperti tabungan rencana dan fitur autodebet untuk memastikan tagihan dibayar tepat waktu walau kamu lupa. Gunakan juga aplikasi Honest untuk memastikan seluruh pengeluaran kartu kreditmu tercatat dan terbayar dengan baik, sehingga limit tidak jebol dan kamu pusing bayar tagihan. 

Semua orang tentu pengen kebebasan finansial. Tapi, hanya mereka yang konsisten dan disiplinlah yang bisa mencapainya. Karena konsistensi dan kedisiplinan dalam hal apapun lebih susah daripada memulai hal itu sendiri. Bangun habit kamu sekarang untuk bebas finansial di masa depan.

Farichatul Chusna
September 13, 2024
Tunggu apa lagi?

Dapatkan Honest Card kamu sekarang

Ajukan