Apa itu Credit Score, Cara Cek & Tips Meningkatkannya

Kamu sering nunggak cicilan kredit? Hati-hati loh, hal ini bisa membuat skor kreditmu buruk dan membuat kamu kesulitan mendapatkan kredit lain. Ingin tahu cara mengatasinya? Yuk, simak tips meningkatkan credit score berikut ini:

Apa Itu Credit Score?

Credit score  atau skor kredit adalah skor yang menggambarkan kemampuan nasabah dalam membayar cicilan pinjaman. Sesuai dengan 29/POJK.05/2014 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan, credit score pembiayaan perbankan di Indonesia terbagi menjadi 5, dengan skor 1 kredit lancar dan skor 5 kredit macet. 

Semakin mendekati 5 skor yang kamu miliki, semakin susah juga kamu untuk mendapatkan pinjaman. Hal ini karena skor ini akan menjadi pertimbangan bank untuk memberikan pinjaman dalam bentuk apapun kepada nasabahnya. 

Misalnya, Deni ingin mengambil kredit motor di bank. Tapi, karena sebelumnya dia pernah telat melunasi kredit laptop di lembaga keuangan lain, skor kreditnya jadi 4. Akibatnya, bank akan ragu-ragu dalam memberikan Deni pinjaman tambahan. Maka dari itu, pastikan credit score kamu tetap baik ya.

Cara Cek Credit Score

Cara cek skor kredit ada dua, yaitu secara offline dan online. Kamu bisa mengunjungi kantor OJK terdekat dari rumah dengan membawa KTP setiap Senin - Jumat jam 09.00 - 15.00, kecuali tanggal merah. 

Kalau tidak sempat ke OJK, kamu juga bisa mengecek credit score ini secara online. Hanya saja kuota cek skor kredit secara online ini cukup terbatas setiap sesinya. Kalau jatah sesi tersebut sudah habis, maka kamu akan mendapatkan notifikasi yang berisi jadwal sesi selanjutnya. Begini cara cek skor kredit secara online:

  1. Buka laman idebku.ojk.go.id.
  2. Klik menu “Pendaftaran”. 
  3. Masukkan data diri dan captcha. 
  4. Klik selanjutnya. 
  5. Unggah dokumen prasyarat. 
  6. Unggah foto selfie sesuai dengan instruksi yang tersedia. 
  7. Centang kolom pernyataan kebenaran data. 
  8. Kamu akan di-email oleh OJK yang berisi nomor pendaftaran. 
  9. File berisi credit score akan dikirim keesokan harinya (1 hari kerja). 

Cara Membangun Skor Kredit

Ingin membangun reputasi kredit yang bagus? Berikut ini tips cara membangun skor kredit:

1. Buat kartu kredit

Langkah pertama untuk membangun credit score yang bagus adalah membuat kartu kredit. Kenapa kartu kredit? Berbeda dengan pinjaman perbankan pada umumnya, kamu bisa pakai fasilitas pembayaran ini dengan lebih sering, sehingga data yang terkumpul untuk membangun skor kredit jadi lebih banyak dan akurat.

Banyak orang ragu untuk mengajukan kartu kredit karena prosesnya yang terkenal ribet dan panjang. Namun, di zaman yang serba digital ini, kamu sekarang bisa apply kartu kredit secara online. Kartu kredit Honest adalah salah satu provider kartu kredit yang bisa kamu coba. Kamu bisa apply melalui aplikasi Honest dalam 5 menit cukup dengan KTP.

2. Bayar cicilan tepat waktu

Salah satu hal paling penting saat membangun skor kredit adalah membayar cicilan tepat waktu. Kalau bisa, jangan bayar cicilan kartu kredit dalam batas minimum saja, lunasi segera sebelum grace period selesai, supaya bunga-nya nggak berkembang. 

Hal ini penting, sebab baik buruknya skor kredit tergantung dengan kedisiplinan kamu dalam melunasi pinjaman. Semakin disiplin kamu membayar tagihan, maka semakin bagus pula credit score yang kamu miliki. 

3. Manfaatkan fitur autodebet

Supaya tidak lupa, kamu juga bisa membayar cicilan kartu kredit atau jenis pinjaman bank lainnya dengan sistem autodebet. Misalnya, kamu punya cicilan KPR sebesar Rp2.093.000. Alih-alih datang langsung ke bank untuk membayarnya, kamu bisa membiarkan sistem lembaga keuangan ini mengambil saldo tabungan secara otomatis untuk membayar cicilan ini setiap bulannya. 

4. Hindari menggunakan kredit untuk membayar barang yang nggak penting

Saat ini, kredit ada banyak jenisnya. Selain kredit bank kayak kartu kredit, KTA dan KTR, ada juga paylater hingga pinjol. Agar credit score tetap bagus, pastikan kamu menggunakan fitur pembayaran ini hanya untuk membeli barang-barang penting saja dan yang benar-benar kamu butuhkan. Misalnya, membeli laptop karena laptop yang lama sudah ngadat, padahal butuh untuk kuliah, dan lain sebagainya. 

5. Hindari menggunakan kartu kredit secara berlebihan

Memiliki kartu kredit yang banyak itu juga kurang baik, loh. Selain nominal iuran tahunan yang besar, kalau punya kartu kredit banyak, bisa jadi kamu akan semakin susah mengatur cicilan. Cukup satu atau dua credit card saja sudah cukup, apalagi jika credit card yang kamu gunakan punya limit besar sampai Rp100.000.0000 dan bisa dipakai dimana aja, seperti Honest. Sebisa mungkin, coba jaga penggunaan agar tidak lebih dari 30% dari total limit. 

Gimana kalau cicilan sudah terlanjut menunggak?

Terus, gimana kalau cicilan sudah terlanjur menunggak banyak dan kamu susah melunasinya? Jika merasa seperti ini, segera saja hubungi bank atau pihak penerbit layanan kredit terkait. Sebab, jika bank menilai kamu memiliki niat baik untuk melunasi utang, bank bisa memberikan keringanan berupa perpanjangan waktu cicilan atau penghapusan bunga. 

Setelah cicilan tersebut lunas, kamu lalu bisa datang ke OJK untuk mengajukan pemutihan BI Checking dengan membawa surat pelunasan utang dari bank. Dengan demikian, kamu nggak perlu takut pengajuan pinjaman kamu selanjutnya akan ditolak.

Farichatul Chusna
September 3, 2024
Tunggu apa lagi?

Dapatkan Honest Card kamu sekarang

Ajukan